Penjelasan Terbaru Mengenal Apa Itu EQ dan IQ

GN | Iptek - Mencoba membagikan intisari dari pemahaman saya dari buku yang berjudul "The ESQ Way 165. dalam artikel ini yang berjudul Mengenal Apa Itu EQ dan IQ.

"Ukuran tubuhmu tidak penting; Ukuruan otakmu cukup penting Ukuran hatimu itulah yang terpenting"
-BC gorbes 

SEJAK dulu, kecerdasan manusia selalu menarik untuk diteliti. Bahkan, ada alat khusus yang dapat menentukan level kecerdasan tersebut, yaitu intelligence quotient (IQ).
Seiring perkembangan zaman, berkembang juga alat pengukuran kecerdasan lainnya. Salah satu yang diperhitungkan sebagai standar kecerdasan masa kini adalah emotional quotient (EQ).

IQ dan EQ kini digunakan guna menentukan standar kecerdasan seseorang. (Foto: kaskus.co.id)


Sebenarnya, apa sih perbedaan keduanya?
Dilansir The ESQ Way 165, IQ adalah angka yang merupakan hasil tes kecerdasan. Pada tes IQ asli, perhitungan nilai adalah dengan membagi usia mental seseorang dengan usia kronologisnya dan kemudian dikali 100. Jadi, seorang anak dengan usia mental 15 dan usia kronologis 10 akan memiliki nilai IQ 150. Hari ini, perhitungan nilai kebanyakan tes IQ dilakukan dengan membandingkan nilai ujian seseorang dengan nilai orang lain di kelompok yang sama.
Sementara itu, EQ adalah pengukuran tingkat kecerdasan emosional seseorang. Hal ini merujuk pada kemampuan seseorang untuk merasakan, mengontrol, mengevaluasi dan mengekspresikan emosi. Kercedasan emosi yang mampu mengalirkan sikap-sikap: intergritas, komitmen, visioner serta kemandirian seseorang. 
Peneliti seperti John Mayer dan Peter Salovey serta penulis seperti Daniel Goleman adalah beberapa orang yang turut menyosialisasikan EQ ke masyarakat luas. Pembahasan tentang EQ pun meliputi berbagai area mulai dari manajemen bisnis hingga pendidikan.
Sejak 1990, EQ telah berkembang dari konsep yang belum jelas menjadi istilah yang populer dan dikenal banyak orang. Kini, kita bisa melatih EQ dengan berbagai permainan atau belajar di sekolah khusus. Bahkan, pada beberapa sekolah di Amerika Serikat, pembelajaran sosial dan emosional telah masuk kurikulum.

Kesimpulan:
IQ terletak dialam sadar dan EQ dialam bawah sadar.



Baca Juga artikel Cara Mengaplikasikan IQ dan EQ ?


Post a Comment

0 Comments