Apa Itu Kecerdasan Emosi EQ

GN | Iptek - Banyak contoh disekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki gelar tinggi belum tentu sukses berkiprah diduniah pekerjaan. Seringkali mereka yang berpendidikan formal lebih rendah, ternayata lebih berhasil didunia pendidikan hingga pekerjaan.


kecerdasan emosi, kecerdasan EQ, Suara Hati, Kunci Sukses
suara hati adalah kunci. (foto:muhammadnoer.com)


kecerdasan manusia selalu menarik untuk diteliti. Bahkan, ada alat khusus yang dapat menentukan level kecerdasan tersebut, yaitu intelligence quotient (IQ) dan emotional quotient (EQ). Baca disini apa sih perbedaanya?

Peneliti seperti John Mayer dan Peter Salovey serta penulis seperti Daniel Goleman adalah beberapa orang yang turut menyosialisasikan EQ ke masyarakat luas. Pembahasan tentang EQ pun meliputi berbagai area mulai dari manajemen bisnis hingga pendidikan.

EQ adalah pengukuran tingkat kecerdasan emosional seseorang. Hal ini merujuk pada kemampuan seseorang untuk merasakan, mengontrol, mengevaluasi dan mengekspresikan emosi.

Kunci Kecerdasan EQ ?


Kunci kecerdasan emosi adalah pada kejujuran anda pada suara hati. Tiga pernyataan yang harus anda ajukan adalah:
  • apakah anda jujur pada diri sendiri?
  • seberapa cermat anda merasakan perasaan terdalam pada diri anda?
  • seringkah anda tidak mempedulikannya?
Suara hati itulah yang harus dijadikan pusat prinsip yang mampu meberi rasa aman, pedoman, kekuatan serta kebijaksanaan.
Menurut Covey, "Disinilah anda berurusan dengan visi dan nilai anda. Disinilah anda gunakan anugerah kesadaran diri (self awareness) untuk memeriksa peta diri anda, dan jika anda menghargai prinsip yang benar, maka paradigma anda sesungguhnya berdasarkan pada prinsip dan kenyataan dimana suara hati berperan sebagai kompasnya."

"Bacalah dengan nama Tuhan-mu yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! Tuhan-mulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar dengan kalam. Mengajar manusia apa yang tiada ia tahu"
-Qs Ar Ruum (Bangsa Romawi)96:1-5 

Kesimpulan:
Inti kemampuan pribadi dan sosial yang merupakan kunci utama keberhasilan seseorang sesungguhnya adalah kecerdasan emosi.

Bagaimana pendapat anda? Silakan juragan sampaikan dikolom komentar.



Bagikan:

Post a Comment

0 Comments