Langkah Awal Yang Harus Diketahui Programer

GN | Iptek - Pada kesempatan ini kita membahas mengenai artikel Langkah Awal Menjadi Programer dan kita menuliskan untuk para sahabat-sahabat darknet yang senang tiasa; menunggu kita memposting artikel dan membaca blog kita.
(yups!!;))

ilustrasi seorang programmer(foto:jurnalweb.com)

First Step Programmers

 
Sekarang teknolgi komputer berkembang sangat pesat. komputer dengan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya terus bermunculan dalam kurun waktu 1 atau 2 tahun.
Sayangnya sedikit dari kita tidak terlalu menyadari, bahwa sebenarnya kehebatan suatu komputer seharusnya-nya diukur dari perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/software (klik link untuk mengetahuinya).
Sebuah komputer sebenarnya juga ditentukan dengan ada tidaknya program canggih dalam komputer tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa program komputer sebenarnya mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan apakah  sebuah komputer layak disebut hebat dan berdayaguna.


Penerapan konsep dan aturan pemograman yang baik sangat diperlukan bila 

anda bekerja dalam tim. Program yang kompleks sering dikerjakan bersama-sama oleh beberapa programer yang tergabung dalam sebuah 
tim.


Untuk mendasari pengetahuan kita dalam membuat program komputer, maka hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana sebenarnya komputer bekerja, agar kita dapat menyesuaikan pola pikir kita agar serupa dengan pola pikir yang dimiliki oleh komputer.

Dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata program komputer, program komputer dalam pengertian yang sederhana dapat dikatakan sebagai kumpulan perintah yang diberikan pada komputer untuk dikerjakan olehnya.
Perintah tersebut harus ditulis dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer dan disusun dengan urutan yang diberikan satu-persatu dari paing atas hingga yang paling bawah. 
secara garis besarnya:
1. perintah kompleks dapat disusun dari perintah-perintah dasar

2. adanya aturan yang harus dipatuhi dalam penulisan perintah

3. perintah-perintah harus ditulis dengan aturan yang benar 


jika kita pemula lebih baik belajar bahasa C/C++ mudah dipahami, macam-macam bahasa program(klik link untuk mengunjungi)



Agar dapat dijalankan oleh komputer, sebuah program harus menjalani proses compile dan build. Proses compile ditujukan untuk mengecek apakah tata tulis (disebut Syntax) perintah-perintah yang diberikan sudah benar dan sesuai dengan aturan yang ada. sedangkan,

proses build ditunjukan untuk mengubah perintah-perintah tersebut kedalam bahasa mesin.


PERLU DIINGAT PROGRAM HANYA DAPAT DIJALANKAN OLEH KOMPUTER BILA BERBENTUK BAHASA MESIN. DAN PERLU 

DIPERHATIKAN BAHWA PROSES BUILD TIDAK AKAN BISA DIKERJAKAN SEBELUM PROSES COMPILE DAPAT DILALUI DENGAN SUKSES.


Untuk melakukan proses compile dan build diperlukan suatu software/perangkat lunak bantu. seperti DEV C++

(klik dev C++ untuk lebih lengkapnya).


Demekianlah artikel ini agar dapat memudahkan para sahabat darknet mendapatkan informasi.

dan saya ucapkan terima kasih.



Bagikan:

Post a Comment

0 Comments